Cari Tiket Promo Harga Termurah ?
Reservasi dan informasi
Tlp/ sms : 087738191959/ 082242354288

Prosedur Refund Tiket Pesawat

Hal-hal yang harus disiapkan saat akan merefund tiket pesawat
Jika kita sudah membeli tiket tapi karena suatu hal menyebabkan kita tidak bisa menggunakannya kita bisa mengajukan refund ke maskapai. Nah arti refund itu apa dan prosedurnya bagaimana akan kita coba jelaskan kepada pembaca.
Refund dalam bahasa indonesia itu artinya mengembalikan uang.Sedangkan dalam istilah penerbangan itu artinya menguangkan kembali tiket yang sudah kita beli. Namun untuk mengajukan refund tiket itu ada prosedur dan beberapa hal yang perlu kita ket
ahui diantaranya :
1. Tiket yang Kita Miliki Masih Berlaku untuk Bisa Diproses Refund
Setiap tiket memiliki masa aktif untuk bisa diajukan refund ke maskapai. Hal tersebut tergantung dari kelas tiket dan kebijakan dari masing-masing maskapai untuk tiket tersebut. Kita bisa mengajukan refund sebelum waktu keberangkatan penerbangan sesuai tiket yang kita miliki. Misal tiket kita sudah lewat dari waktu penerbangannya ( No Show ) bisa diproses refund asalkan belum melewati tanggal valid refund untuk tiket tersebut. Tapi biasanya kembalinya sedikit dan bisa juga hangus karena nominal hasil refund lebih kecil daripada biaya adminnya.
2. Konfirmasi Pengajuan Refund ke Agen Tempat Anda Membeli Tiket
Jika anda membeli tiket tersebut melalui agen tiket, maka anda tidak perlu repot untuk mengajukan refund tiket tersebut. Karena dari maskapi juga akan menyarankan anda untuk memprosesnya ke agen tempat anda membeli tiket. Biasanya agen tiket akan meminta kartu identitas pemilik tiket dan nanti akan diproses pengajuannya ke maskapai. Jika anda membeli secara online ke web maskapai langsung atau di kator maskapai, maka anda harus mengurusnya sendiri ke kantor maskapai atau di bandara.
3. Menyertakan Kartu Identitas Pemilik Tiket
Untuk beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air dan Lion Air mengharuskan melampirkan fotocopy atau scan kartu identitas pemilik tiket. Bisa KTP, SIM, PASSPOR atau kartu identitas lain yang dimilikinya. Namun ada beberapa maskapai yang bisa menerima refund hanya dengan surat pengajuan dari agen tiket yang telah diberi cap perusahaan atau agen tersebut.
Setelah permohonan refund sudah kita
ajukan ke maskapai, maka kita tinggal menunggu tanggal pencairan dari refund tersebut. Waktu pengembalian tiket juga bisa berbeda antara masing-masing maskapai.

PENTING !!!
* Maskapai Lion Air bisa langsung mencairkan hasil refund tiket anda jika tiket anda bisa diproses refund melalui web agen maksimal 6 jam sebelum penerbangannya ( berdasarkan pengalaman kami maksimal kurang dari 6 jam sebelum penerbangan masih bisa direfund melalui sistem langsung).
* Tiket Air Asia dan Citilink tidak bisa direfund
* Nominal pencairan refund tidak 100% seharga tiket yang anda beli karena pemilik tiket dikenakan biaya administrasi dan penalti untuk pembatalan penerbangan tersebut.
* Hasil pencairan refund tidak selalu sama antara masing-masing maskapai. Tergantung kebijakan dari maskapai.

Nah sekarang sudah cukup jelas untuk prosedur refund dan hal-hal dalam pengajuan refund ? Jika masih ada yang kurang jelas silakan beri komentar anda.

0 Response to "Prosedur Refund Tiket Pesawat"

Posting Komentar

Cek Harga Tiket Pesawat Termurah